Pesona Batu Bacan di Indonesia Timur

pemburu batu mulia, semuanya sepakat bahwa batu mulia bacan adalah batu permata setara dengan giok dan jamrud. Dikatakan demikian, karena batu giok, batu bacan dan batu jamrud memiliki kesamaan dari sisi warna dasar hijau. Warna hijau melukiskan lambang keindahan. Selain itu, memiliki batu giok, batu bacan dan batu jamrud kerap dikait-kaitkan dengan aura keberuntungan terhadap pemiliknya.

Di dalam hijaunta batu bacan ternyata sama dengan yang terdapat di hijaunya batu giok. Yaitu, adanya mineral yang terkandung di dalam batu tersebut yang biasa disebut dengan beryllium atau silikat beril.
Bila dilihat dari tingkat kekerasannya, batu mulia bacan terkenal sebagai batu yang rapuh dengan skala Mohs 7,5. Meski demikian, batu mulia bacan persis seperti batu jamrud yang kerap dicari oleh para pemburu batu mulia.

Masalah harga, jangan pernah diragukan lagi. Batu bacan, batu giok dan batu jamrud terkenal dengan mahalnya. Apalagi jika ia sudah dalam bentuk, seperti gamar hati atau heart maka harganya sungguh sangat mahal sekali.

Dikarenakan harganya sangat mahal, baik para pemburu batu mulia maupun yang hobi mengoleksi batu mulia kerap mencari di mana saja yang menjual batu mulia. Bagi mereka, ada yang sengaja dijadikan perhiasan dan ada juga yang menjualnya kembali kepada orang lain. Artinya, dijadikan bisnis yang berharga.

Di Indonesia memang ada yang menemukan batu bacan terdapat di daerah Indonesia Timur. Bagi Anda yang ingin mencarinya, bisa mencari lokasinya melalui internet dan mengunjungi daerah yang direferensikan untuk dikunjungi. Kualitas bacan tak diragukan lagi sama dengan kualitas jamrud yang berasal dari negara-negara luar seperti Afrika Selatan, Zimbabwe, Brasil, Kolombia.

Karena itu,bila Anda sudah memiliki batu bacan maka simpan dan rawatlah dengan baik. Pasalnya, batu ini bernilai tinggi. Batu ini mahal harganya. Selain itu, Anda juga mesti kudu waspada penipuan saat membeli batu bacan. Pasalnya, cukup banyak juga batu bacan palsu yang dijual. Belilah batu bacan dengan melihat di sisi kehijuannya yang tak mudah luntur dan bukan hasil cat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s